SELALU ASIK “ BUTIK ASIK “ MENJADI INOVASI NOMOR SATU DALAM LOMBA INOVASI DAN REPLIKA INOVASI PELAYANAN PUBLIK

Banyak deretan inovasi yang bersinar di RSUD dr. R. Koesma Kabupaten Tuban, salah satunya adalah “ Butik Asik “ memperlihatkan eksistensinya sebagai karya inovasi yang terbaik dalam kancah lomba inovasi dan replika inovasi pelayanan public yang di selenggarakan oleh Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.  

Saat ini stunting merupakan permasalahan serius di Indonesia, ada beberapa faktor penyebab stunting yaitu asupan kalori yang tidak adekuat, hal ini bisa terjadi karena faktor sosial, ekonomi, pendidikan dan pengetahuan yang rendah terkait kecukupan pemberian asi.  

Inovasi Butik Asik ini bertujuan untuk mengedukasi ibu dan melakukan monitoring evaluasi guna memastikan bayi mendapatkan asi pasca pulang dari Rumah Sakit, khususnya di awal 1000 hari kehidupan bayi.

Dalam inovasi ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu kelas ASI (KASIHI) yang terjadwal 2 kali dalam seminggu. Materi disampaikan dalam video dan dilanjutkan dengan sesi diskusi. Orang tua bayi juga bisa mendapatkan materi melalui scan barcode yang telah disediakan sehingga bisa mendapatkan informasi terkait kelas ASI dimana saja dan kapan saja.

“ Semoga inovasi Butik Asik ini bisa di gunakan untuk bayi sehat karena pada saat ini inovasi Butik Asik masih di gunakan untuk bayi yang berada di NICU” Ujar Tin Dwi Kartiningsih.S.Kep,Ns selaku Inovator Butik Asik (29/11/23).