Indikator Standar Pelayanan Minimal

No Jenis Pelayanan  Indikator
1 Gawat Darurat Kemampuan menangani life saving anak dan dewasa
Jam buka Pelayanan Gawat Darurat
Pemberi pelayanan gawat darurat yang bersertifikat yang masih berlaku BLS/PPGD/GELS/ALS
Ketersediaan tim penanggulangan bencana
Waktu tanggap pelayanan Dokter di Gawat Darurat
Kepuasan Pelanggan
Kematian pasien< 24 Jam
Tidak adanya pasien yang diharuskan membayar uang muka
 2  Rawat Jalan  Dokter pemberi Pelayanan di Poliklinik Spesialis
 Ketersediaan Pelayanan
 Jam buka pelayanan
 Waktu tunggu di rawat jalan
 Kepuasan Pelanggan
 a. Penegakan diagnosis TB melalui pemeriksaan mikroskop TB
b. Terlaksananya kegiatan pencatatan dan pelaporan TB di RS
 3 Rawat Inap  Pemberi pelayanan di Rawat Inap
 Dokter penanggung jawab pasien rawat inap
 Ketersediaan Pelayanan Rawat Inap
 Jam Visite Dokter Spesialis
 Kejadian infeksi pasca operasi
 Kejadian Infeksi Nosokomial
 Tidak adanya kejadian pasien jatuh yang berakibat kecacatan / kematian
 Kematian pasien > 48 jam
 Kejadian pulang paksa
 Kepuasan pelanggan
 Rawat Inap TB
a. Penegakan diagnosis TB melalui pemeriksaan mikroskopis TB
b. Terlaksanana kegiatan pencatatan dan pelaporan TB di Rumah Sakit
 4  Bedah Central Waktu tunggu operasi elektif
 Kejadian Kematian di meja operasi
 Kejadian Kematian di meja operasi
 Tidak adanya kejadian opersi salah orang
 Tidak adanya kejadian salah tindakan pada operasi
 Tidak adanya kejadian tertinggalnya benda asing/lain pada tubuh pasien setelah operasi
 Komplikasi anestesi karena overdosis, reaksi anestesi, dan salah penempatan anestesi  endotracheal tube
 5  Persalinan / Perinatologi  Kejadian kematian ibu karena persalinan
 Pemberi pelayanan persalinan normal
 Pemberi pelayanan persalinan dengan penyulit
 Pemberi pelayanan persalinan dengan tindakan operasi
 Kemampuan menangani BBLR 1500 gr – 2500 gr
 Pertolongan persalinan melalui seksio cesaria
 Keluarga Berencana
a. Presentase KB (vasektomi & tubektomi) yang dilakukan oleh tenaga Kompeten dr.Sp.Og, dr.Sp.B, dr.Sp.U, dr.umum terlatih
b. Presentse peserta KB mantap yang mendapat konseling KB mantap bidan terlatih
 Kepuasan Pelanggan
 6 Insentif  Rata rata pasien yang kembali ke perawatan intensif dengan kasus yang sama < 72 jam
 Pemberi pelayanan Unit Intensif
 7  Radiologi  Waktu tunggu hasil pelayanan thorax foto
 pelaksana ekspertisi
 Kejadian kegagalan pelayanan Rontgen
 Kepuasan pelanggan
 8 Lab. Patologi Klinik  Waktu tunggu hasil pelayanan laboratorium
 Pelaksana ekspertisi
 Tidak adanya kesalahan pemberian hasil pemeriksa laboratorium
 Kepuasan pelanggan
 9 Rehabilitasi Medik  Kejadian Drop Out pasien terhadap pelayanan Rehabilitasi Medik yang di rencanakan
 Tidak adanya kejadian kesalahan tindakan rehabilitasi medik
 Kepuasan Pelanggan
 10  Farmasi  waktu tunggu pelayanan
a. Obat Jadi
b. Racikan
 Tidak adanya Kejadian kesalahan pernberian obat
 Kepuasan pelanggan
 Penulisan resep sesuai formularium
 11  Gizi  Ketepatan waktu pemberian makanan kepada pasien
 Sisa makanan yang tidak termakan oleh pasien
 Tidak adanya kejadian kesalahan pemberian diet
 12 Transfusi Darah  Kebutuhan darah bagi setiap pelayanan transfusi
 Kejadian Reaksi transfusi
 13 Pelayanan Gakin  Pelayanan terhadap pasien GAKIN yang datang ke RS pada setiap unit pelayanan
 14 Rekam Medik  Kelengkapan pengisian rekam medik 24 jam setelah selesai pelayanan
 Kelengkapan Informed Concent setelah mendapatkan informasi yang jelas
 Waktu penyediaan dokumen rekam medik pelayanan rawat jalan
 Waktu penyediaan dokumen rekam medik pelayanan rawat inap
 15 Pengelolaan Limbah  Baku mutu limbah cair
 Pengelolaan limbah padat infeksius sesuai dengan aturan
 16 Administrasi & Manajemen  Tindak lanjut penyelesaian hasil pertemuan direksi
 Kelengkapan laporan akuntabilitas kinerja
 Ketepatan waktu pengusulan kenaikan pangkat
 Ketepan Waktu pengurusan gaji berkala
 Karyawan yang mendapat pelatihan minimal 20 jam setahun
 Cost recovery
 Ketepatan waktu penyusunan laporan keuangan
 Kecepatan waktu pemberian informasi tentang tagihan pasien rawat inap
 Ketepatan waktu pemberian imbalan (insentif) sesuai kesepakatan waktu
 17  Ambulance/Kereta Jenazah  Waktu pelayanan ambulance/Kereta jenazah
 Kecepatan memberikan pelayanan ambulance/Kereta jenazah di rumah sakit
 Response time pelayanan ambulance oleh masyarakat yang membutuhkan
 18  Pemulasaraan Jenazah  Waktu tanggap (response time) pelayanan pemulasaraan jenazah
 19  Pelayanan pemeliharaan sarana rumah sakit  Kecepatan waktu menanggapi kerusakan alat
 Ketepatan waktu pemeliharaan alat
 Peralatan laboratorium dan alat ukur yang digunakan dalam pelayanan terkalibrasi tepat waktu sesuai dengan ketentuan kalibrasi
 20  Pelayanan Laundry  Tidak adanya kejadian linen yang hilang
 Ketepatan waktu penyediaan linen untuk ruang rawat inap
 21  Pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI)  Ada anggota Tim PPI yang terlatih
 Tersedia APD di setiap instalasi/ departemen
 Kegiatan pencatatan dan pelaporan infeksi nosokomial / HAI (Health Care Associated Infection) di RS (min 1 parameter)