Masyarakat yang berkunjung ke rumah sakit pasti ingin mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Hal ini dapat ditunjukkan dari pelayanan kesehatan yang memenuhi standar. Selain dari pelayanan kesehatan, faktor pendukung yang turut membangun kepuasan pelayanan adalah pemberian informasi.
Untuk dapat melayani masyarakat dengan baik dibutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik pula. Tidak hanya petugas kesehatan saja yang diharapkan mampu untuk membangun komunikasi yang baik, petugas non kesehatan termasuk satpam pun juga harus mengetahui betapa pentingnya membangun komunikasi dengan pengunjung rumah sakit. Untuk itu pada tanggal 20 April 2017 diadakan pelatihan Customer Service Care bagi satpam di RSUD dr. R. Koesma Tuban. Pelatihan tersebut diikuti oleh 21 (dua puluh satu) petugas keamanan (satpam) rumah sakit yang berlangsung di Aula. Sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut adalah Siswanto, S.H Kasubbag Hukum dan Humas RSUD dr. R. Koesma Kabupaten Tuban.
Materi yang diberikan dalam pendidikan dan pelatihan Customer Service Care adalah custome care, rethorika komunikasi dan cara berkomunikasi baik pada pegawai di internal rumah sakit, pasien dan keluarga pasien serta pengunjung rumah sakit. Selain pemberian materi, dalam pelatihan tersebut disertai pula dengan praktek berkomunikasi dalam pemberian pelayanan. Siswanto, S.H. selaku narasumber memberikan contoh bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan seluruh karyawan, pada pasien dan keluarga pasien dan pada pengunjung serta contoh perilaku lainnya yang dapat dijadikan langkah dalam pemberian pelayanan yang baik.
Dari pelatihan Customer Service Care bagi satpam tersebut diharapkan dapat membentuk karakter petugas keamanan santun, peduli dan ramah, selain itu dapat membangun komunikasi yang efektif bagi setiap pengunjung RSUD dr. R. Koesma Kabupaten Tuban.
Red. Humas RSUD dr. R. Koesma