HAEMODIALISIS

APAKAH HAEMODIALISISI ITU?

Haemodialisis berasal dari kata haem yang berarti pemisahan zat zat yang terlarut. Haemodyalisis yang selanjutnya kita sebut dengan hemodialysis adalah suatu tehnologi tinggi sebagai terapi pengganti fungsi ginjal untuk mengeluarkan sisa sisa metabolisme atau racun tertentu dari peredaran darah.

Sisa metabolism tersebut diantaranya seperti air, natrium, kalium, hydrogen,urea,kratinin, asam urat, dan zat zat lain melalui membrane semi permeablesebagai pemisah darah dan  cairan dialisat pada ginjal buatan dimana terjadi proses difusi,osmosis dan ultrafiltrasi.

APA TUJUAN DILAKUKAN HEMODIALISIS?

  1. Menggantikan fungsi ginjal dalam fungsi ekskresi, yaitu membuang sisa-sisa metabolism dalam tubtuh sepertiureum, kreatinin, dan sisa metabolism yang lain
  2. Menggantikan fungsi ginjal dalam mengeluarkan cairan tubuh yang seharusnyadikeluarkan sebagai urin saat ginjal sehat.
  3. Meningkatkan kwalitas hidup pasien yang me nderita penurunan fungsi ginjal,
  4. Menggatikan fungsi ginjal sambil menunggu pengobatan yang lain

BAGAIMANAKAH CARA KERJA HEMODIALISIS?

Sebuah mesin yang berfungsi sebagai pengganti ginjal akan disambungkan ke pasien melalui selang infus. Selang infus akan bertugas mengalirkan darah dari tubuh pasien untuk dibersihkan di ginjal buatan, selang infus lainya akan mengalirkan kembali ke darah tubuh pasien. Proses ini yang akan membersihkan racun dan sisa metabolism yang tidak berguna di tubuh dan membuang cairan yang berlebih dari tubuh pasien.

APA YANG TERJADI SAAT HEMODIALISIS?

Banyak orang yang merasa nyaman dan ragu-ragu saat pertama dilakukan hemodialysis. Saat dilakukan hemodialisissebenarnya anda tidak akan merasakan apa-apa, beberapa saat orang akan merasa lelah setelah selesai  dilakukan hemodialysis terutama bila baru beberapa kali hemodialysis. Setelah beberapa kali hemodialysis. Maka cairan yang berlebih dan racun dari tubuh anda akan berkurang, anda akan merasa kembali bertenaga.

Unit HEMODIALISIS RSUD dr R KOEMA TUBAN,

* Memiliki 10 mesin hemodialisisi

* Memberikan pelayanan HD dengan petugas jaga terdiri dari 2 shift yaitu shift pagi  dan shift siang,

* Jam layanan pasien adalah: 06.30-11.00 | 12.00-16.00 | 17.00-21.00

 

Head Office | Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo No.800,
Kel. Sidorejo, Kec. Tuban, Kab. Tuban,
Jawa Timur 62315
Hotline Service | (0356) 8832197, 323266, 325696
Graha Aryo Tejo | (0356) 8832197