REFRESHING PELATIHAN PPI (PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI) BAGI PETUGAS CLEANING SERVICE DAN PEMBANTU RUANG

IMG_28041Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) rutin dilaksanakan oleh RSUD dr. R. Koesma Kabupaten Tuban untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan tentang bahaya terkena infeksi. Seluruh pegawai rumah sakit baik dari tenaga medis maupun non medis wajib untuk mengikuti pelatihan PPI, termasuk juga didalamnya pembantu ruangan dan petugas cleaning service.

Sebagai pembantu ruangan dan petugas cleaning service tentunya sangat penting untuk mengetahui tentang bahaya dari resiko apabila terjangkit infeksi. Untuk itu RSUD dr. R. Koesma Kabupaten Tuban mengadakan pelatihan PPI bagi petugas cleaning service dan pembantu ruang. Tujuan diadakannya  pelatihan PPI ini adalah untuk menerapkan pencegahan dan pengendalian infeksi sehingga dapat melindungi tenaga kesehatan pembantu ruangan dan petugas cleaning service serta masyarakat dari terkena infeksi.

Refreshing pelatihan PPI ini diikuti oleh 87 (delapan puluh tujuh) peserta yang tediri dari seluruh petugas cleaning service dan seluruh pembantu ruang. Kegiatan ini terbagi menjadi dua gelombang yakni gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 26 April 2017 dan pada gelombang kedua dilaksanakan pada tanggal 27 April 2017 bertempat di ruang Aula RSUD dr. R. Koesma Kabupaten Tuban.

IMG_28931IMG_29181

Sebagai narasumber pada refreshing pelatihan PPI ini berasal dari anggota komite PPI RSUD dr. R. Koesma Kabupaten Tuban Supriyati, S.Kep.Ns dan Su’eb S.Kep.Ns. Materi yang disajikan pun beragam mulai dari Infection Control Rumah Sakit, Alat Pelindung Diri hingga Kebersihan Rumah Sakit Sesuai Ketentuan Akreditasi Rumah Sakit. Selain memberikan materi, kedua narasumber tidak lupa pula memberikan praktek untuk menjaga kebersihan lingkungan serta penggunaan alat pelindung diri yang baik dan benar.

Setelah mengikuti refreshing pelatihan PPI ini peserta diharapkan mampu memahami konsep PPI, mampu membantu melaksanakan upaya Pencegahan dan Pengendalian Infeksi dan Surveilans HAIs dirumah sakit dan outputnya dapat meningkatkan kepuasan pasien dan masyarakat akan layanan yang bemutu.

IMG_30051

  Red. Humas RSUD dr. R. Koesma